Minggu, 20 Mei 2012

Letak geografis dan topografi OKU Selatan

Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan memiliki luas wilayah 5.493,34 Km2 atau 549.394 Ha.

Batas wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan adalah :
Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Ulu Ogan, Kecamatan Pengandonan, dan Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu.
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat Propinsi Lampung.
Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Selatan Propinsi Bengkulu dan Kecamatan Semendo Darat Ulu Kabupaten Muara Enim.
Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Kabupaten Way Kanan Propinsi Lampung.

Topografi wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan sebagian besar merupakan dataran tinggi yang membentuk bukit bukit dan gunung gunung. Ketinggian wilayahnya berkisar antara 45 s/d 1.643 mdpl. Wilayah tertinggi di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan adalah Gunung Seminung di Kecamatan Banding Agung, dengan ketinggian 1.888 mdpl. Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dialiri oleh dua sungai besar yaitu Sungai Selabung dan Sungai Saka yang bermuara ke Sungai Komering. Selain itu, masih terdapat sekitar 20 sungai dan anak sungai lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Di Kabupaten ini juga terdapat beberapa air terjun dan danau, baik yang besar maupun kecil, sehingga daerah ini merupakan daerah pariwisata potensial di Propinsi Sumatera Selatan. Danau yang terbesar adalah Danau Ranau (Kec. Banding Agung).

Wilayah Kabupaten OKU Selatan terdiri atas 19 kecamatan, yaitu:

Banding Agung
Buana Pemaca
Buay Pemaca
Buay Pematang Ribu Ranau Tengah
Buay Rawan
Buay Runjung
Buay Sandang Aji
Kisam Ilir
Kisam Tinggi
Mekakau Ilir
Muaradua
Muaradua Kisam
Pulau Beringin
Runjung Agung
Simpang
Sindang Danau
Sungai Are
Tiga Dihaji
Warkuk Ranau Selatan

Ada 7 suku utama yang tinggal di OKU Selatan, yaitu :

1.Suku Ranau
2.Suku Komering
3.Suku Ogan
4.Suku Kisam
5.Suku Daya
6.Suku Semendo
7.Suku Aji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ans!!