Senin, 18 Juni 2012

Pulau Mariza (Mariza Island)




Pulau Mariza merupakan sebuah pulau kecil yang berada sekitar 1 Km dari pinggiran Danau Ranau dengan luas sekitar 1 Hektar. Pulau kecil ini dapat ditempuh dengan perahu motor dari Dermaga Kota Batu sekitar 15 menit atau 5 menit dari objek wisata Air Panas.
Menurut rakyat sekitar pinggiran danau, Pulau Mariza dahulunya tersambung dengan daratan disekitar Gunung Seminung. Namun, hal tersebut dapat kita lihat ketika musim kemarau dan keadaan air sedang surut dimana akan terlihat jalan berpasir yang menyambungkan Pulau Mariza dan daratan sekitar Gunung Seminung.
Pulau Mariza umumnya didominasi vegetasi berupa pepohonan kelapa dan sejumlah pohon mangga serta rerumputan ilalang. Selain itu, terdapat mitos juga di Pulau Mariza yang menjadi dayat tarik para wisatawan, dimana setiap pasangan muda-mudi jika menjejakkan kaki bersama-sama di pulau ini maka cinta mereka akan abadi, begitupun dengan pasangan suami istri, pernikahan mereka akan langgeng sampai maut memisahkan mereka.
Sebagai informasi tambahan, rombongan Bujang Gadis OKU Selatan (BGOS) 2012 dan Muli Meghanai (MM) OKU Selatan 2011 berkesempatan mengunjungi Pulau Mariza pada rangkaian acara Tour de Ranau pada 17 Juni 2012 kemarin. Dalam kesempatan ini juga, rombongan BGOS dan MM mengabadikan beberapa gambar berkaitan dengan potensi wisata Pulau Mariza beserta dengan informasi didalamnya. Informasi yang kami sajikan diatas didapatkan dari hasil wawancara kami dengan masyarakat sekitar Pulau Mariza. Semoga kontribusi kecil kami untuk OKU Selatan ini dapat terus berlanjut dan mendapatkan dukungan dari masyarakat OKU Selatan.



(by Adrian Chandra Faradhipta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ans!!