Senin, 18 Juni 2012

Mata Air Panas Kota Batu, Danau Ranau




Sebuah objek wisata yang menarik lainnya dari kawasan wisata Danau Ranau yang patut untuk dikunjungi yaitu Mata Air Panas Kota Batu, Danau Ranau, OKU Selatan. Objek wisata ini dapat ditempuh dengan perahu motor sekitar 10 menit dari Dermaga Kota Batu atau sekitar 20 menit dari Dermaga Banding Agung.
 Pada awalnya mata air panas alami ini hanya mengalir secara alami dari kaki Gunung Seminung tanpa dibuat kolam khusus untuk menampung air panasnya, barulah pada tahun 1991 (menurut  pedagang sekitar objek wisata) dibangun kompleks kolam renang lengkap dengan fasilitas berupa dermaga, toko makanan dan minuman, kamar mandi dan toilet.

Di komplek mata air panas ini, para wisatawan dapat merasakan langsung kehangatan dari air panas alami yang mengalir di bawah kaki gunung seminung berlatar pemandangan Danau Ranau dan Gunung Seminung yang elok. Air panas ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dikarenakan kandungan belerang/sulfurnya yang ada didalamnya. Selain itu juga, para wisatawan dapat memancing ikan disekitar kolam dan hasil tangkapan dapat langsung dinikmati langsung dipinggiran kolam air panas.

Sebagai informasi tambahan, rombongan Bujang Gadis OKU Selatan (BGOS) 2012 dan Muli Meghanai (MM) OKU Selatan 2011 berkesempatan mengunjungi Mata Air Panas Kota Batu ini pada rangkaian acara Tour de Ranau pada 17 Juni 2012 kemarin. Dalam kesempatan ini juga, rombongan BGOS dan MM mengabadikan beberapa gambar berkaitan dengan potensi wisata ini beserta dengan informasi didalamnya. Informasi yang kami sajikan diatas didapatkan dari hasil wawancara kami dengan masyarakat sefrta pedagang sekitar objek wisata. Semoga kontribusi kecil kami untuk OKU Selatan ini dapat terus berlanjut dan mendapatkan dukungan dari masyarakat OKU Selatan.

(by Adrian Chandra Faradhipta)

1 komentar:

  1. bujang simpang martapura..
    Cuma bisa mendukung dengan kata "hati2 di jalan, karna jalan dari arah baturaja.. Sampai muara dua.. Banyak bolong, padahal tukang tampal aspal selalu liwat !".

    Karna jika anda liwat di jalan buruk itu, kemungkinan anda sedang tak siap rem, dan dikhawatirkan kendaraan anda gegar mesin dan lama2 jadi gegar baut dan lama2 bisa narik sawah, narik kebun, narik duit, narik nyawo.

    Ini situs ku : http://oku-selatan.16mb.com

    BalasHapus

ans!!